Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 19
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog sedehana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer.
2. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog
berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan..
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secar aakurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
Indikator
1. Merespon teks monolog sederhana berbentuk narrative
2. Melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative
1. Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat merespon teks monolog sederhana berbentuk narrative
· Siswa dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk narrative
2. Materi Pokok
Teks monolog berbentuk narrative contohnya:
|
3. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya-jawab mengenai cerita favorit siswa
· Kegiatan Inti (70’)
§ Siswa membaca penjelasan mengenai apositive yang sering dipakai dalam teks monolog lisan narrative.
§ Siswa melengkapi kalimat dengan menggunakan apositive yang tepat.
§ Siswa berpasangan menjawab pertanyaan tentang teks monolg lisan narrative yang akan dibacanya
§ Siswa membaca teks monolog lisan narrative.
§ Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks yang dibacanya.
§ Siswa mengungkapkan simpatinya terhadap cerita yang dibacanya.
§ Siswa membaca penjelasan mengenai ungkapan-ungkapan lain untuk menunjukkan simpati.
· Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa menyimpulkan kegiatan yang pembelajaran yang
dilakukan
5. Sumber/Bahan/Alat
· Buku Look Ahead 1 (Hal. 40-42)
· Kamus
6. Penilaian
· Teknik: Performance Assessment (responding)
· Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.