Friday, August 19, 2011

Perangkat Pembelajaran



Sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap tahunnya.  Tapi, kadang-kadang karena kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita jadi terlewat.  Apalagi, setiap awal tahun pelajaran banyak sekali kegiatan yang berlangsung dan mungkin sebagian diantaranya harus diikuti.  Jadi, wajar saja jika yang namanya rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal (menyusul untuk dikerjakan).  Saya pernah menuliskan bahwa untuk membuat perangkat tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan.  Diantaranya, melihat, memodifikasi perangkat dari sekolah lain dan yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing.  Karena belum tentu, sekolah A (misalnya) mempunyai kemampuan dan kesanggupan yang sama dengan sekolah B.  Oleh karena itu, perlu jaringan kerjasama antara guru mata pelajaran, MGMP mata pelajaran di setiap kota dan kabupaten.
Melalui kesempatan ini, seandainya ada rekan yang membutuhkan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, dan tahunan, silahkan gunakan contoh di bawah ini.  semoga bermanfaat.
  1. Kelas X SMA/MA
  2. Kelas XI SMA/MA
  3. Kelas XII SMA/MA

Monday, August 15, 2011

Spoof


Spoof

Spoof - Cerita Spoof adalah cerita dibuat berdasarkan sebuah kejadian lucu atau peristiwa yang aneh yang telah terjadi di masa lampau. Adapun unsur-unsur dari cerita Spoof terdiri dari empat bagian penting, diantaranya adalah:

1. Orientation: Berfungsi sebagai awal cerita yang mengantar ke dalam inti cerita
2. Event 1: Bagian yang menceritakan kejadian awal
3. Event 2: Bagian yang menceritakan kejadian setelah kejadian awal (bila ada)
4. Twist: Akhir yang tidak terduga atau lucu

Example:
Horseman In The Sky

Carter Druse was born in Virginia. He was a southerner. When the United States was divided by a terrible civil war, Carter decided to join the Union Army of the north.

He told his father about his decision to join the north army. His father looked deep into his son's eyes. "Carter, No matter what happens, be sure you always do what you think is your duty."

One sunny afternoon, Carter was sent to guard. It was his duty to be sure that no enemy soldier spied on. Suddenly, he saw a man on horseback standing on the huge rocky cliff. He held a gun in his right hand, and the horse's reins in the other. Unavoidably, Carter pointed his gun. Carter was calm as he pulled the trigger.

Soon after firing his gun, Carter was joined by a Union sergeant.
"Did you fire?" The sergeant whispered.
"Yes."
"At what?" The sergeant continued.
"A horse"
"Was there anyone on the horse?" The sergeant asked again.
"Yes."
"Who? " The sergeant kept asking.
"My father."

Note: This example of ironic spoof text is summarized from Ambrose Bierce's A Horseman in the Sky

Exercise
Buatlah Cerita Lucu berdasarkan pengalaman pribadimu

RECOUNT



Social Function:
Recount adalah menceritakan kembali suatu peristiwa di masa lalu dalam bentuk paragraf. Biasanya, paragraf dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  1. Orientation
berisi tentang what (apa), when (kapan), where (dimana), who (siapa), dll.
  1. Event
menceritakan urutan peristiwa yang terjadi.
  1. Reorientation
bagian penutup cerita dan bisa ada kesimpulan.


Expensive:
My Adventure at Leang-Leang Cave



On Sunday, my parents, my best fruend Novi, and I visited a cave at Maros called Leang-leang . It was my first time to visit the cave, better yet, my best friend came to visit it with me!
The cave was famous for its primitive cave wall paintings which were some hand prints and wild boar paintings. The cave and its surroundings was turned into a national park, so it was taken care of. My parents took a rest in a small hut for visitors of the park, while Novi and I adventured around the cave with a guide. We had to climb some metal stairs to get to the cave, because the cave was embedded into a small mountain. Next stop was a place where some seashells littered the ground and some were actually piled into a big mound! The guide said that these piles of seashells are called kjokkenmoddinger, or kitchen trash. The humans who lived here ate the shells and dumped the left overs in their 'kitchen'. The last place was a small museum where they have skeletons of the humans who lived in the caves. The skeletons along with some roughly made jewelry and weapons were placed inside glass cases for display. The walls of the museum were adorned with photographs taken when they did an excavation there.
After a quick lunch with Novi and my parents, we decided it was time to go back home. We really had the time of our lives!

Excersice!
Make your experience! ceritakan pengalaman menarikmu pada kami anda bisa mengirimnya via email di appro_r@yahoo.co.id!


Tape Script


Daftar kata / vocabulary yang anda miliki bisa berguna untuk membantu penyerapan dengan lebih cepat, demikian juga Grammar yang sudah anda pelajari. Gunakan waktu paling tidak satu jam sehari untuk mendengarkan suara dalam Bahasa Inggris, catat hal-hal yang anda pahami, dan jangan terlalu risau apabila hanya sebagian yang anda pahami.

Jadi, tetaplah kembangkan kemampuan grammar dan vocabulary anda, untuk bisa mulai berbicara, Gunakan sebisa mungkin, dan DENGAR sebanyak mungkin.

berikut ini merupakan Tape script yang ada di Listening Media. silahkan DOWNLOAD

Sunday, August 14, 2011

Analitycal Exposition


Social Function:
 Analytical Exposition is one of the genre which presents arguments. Jadi, untuk membedakan teks Analytical Exposition dengan teks lainnya adalah di lihat dari isi dan tujuannya. The social function is to persuade by presenting arguments. Tujuannya adalah untuk membujuk pendengar atau pembaca sehingga mereka mau mengikuti keinginan kalian. Teks ini berisi tentang argumen atau alasan.
Jenis teks ini di awali dengan THESIS, yaitu pendapat kalian tentang suatu masalah. Biasanya di awali dengan kalimat I personally think, In my opinion, I believe, etc. Setelah kalian menuliskan thesis atau pendapat, kalian harus menuliskan ARGUMENTS, yaitu argumen-argumen atau alasan-alasan yang disertai dengan fakta dan bukti-bukti yang relevan sehingga pendengar atau pembaca terpengaruh dengan argumen yang kalian kemukakan. Biasanya dimulai dengan Firstly, Nest, Third, The last, etc. Untuk mengakhiri teks, kalian harus menuliskan REITERATION, yaitu simpulan dari thesis dan arguments yang telah kalian bicarakan sebelumnya. Kalian bisa mengungkapkannya melalui kalimat In my conclusion, To conclude, From the facts above, we can conclude that, et

Example:
The Unhealthy Fast Food

Fast food nowadays is considered a normal eating venture. People are not just eating out on special occasions or weekends anymore. It means that all the time they mostly eat fast foods. However is fast food good for health?

Fast food has its popularity in the 1940’s. Within a few years, fast-food operations popped up everywhere. With the compelling rise in fast-food restaurants since the 1940’s, oddly it started the rise in obesity and cancer during that same time period.

Fast food is highly processed with a wide array of additives. To ensure fast food’s low cost, the fast food products are made with highly-processed ingredients to give it shelf-life, to hold consistency, and to enhance flavor. Fast food is altered from its original healthy form.

It is not the calories in fast food which damage health and waistline. It is the chemical additives such as aspartame and MSG (monosodium glutamate). Studies show that the chemical additives lead to weight and disease issues.

So, there is absolutely nothing nutritional about fast food. Fast food simply feeds hunger and craving.
Simplified from: www.criticalbench.com/unhealthy_fast_food.htm


Listening Section

Mendengar / listening adalah kunci untuk bisa menggunakan Bahasa Inggris. Seperti bayi, ketika mereka belum bisa berbicara , yang mereka lakukan adalah MENDENGAR dan MENDENGAR. Orang tua mereka tidak pernah membuat list / daftar kata, orang tua mereka tidak pernah memberikan tentang Grammar, tetapi dari mendengar orang tuanya atau orang di sekitarnya berbicara , mereka akhirnya menirukan, memahami, dan akhirnya mampu untuk mengutarakan maksudnya dalam Bahasa tersebut.

Langkah selanjutnya setelah memahami Grammar dan melihat dengan mata begitu banyak kata dalam bahasa Inggris adalah mendengar penutur asli Bahasa inggris berbicara. Bisa dengan kaset yang anda beli, atau mendengar radio berbahasa Inggris, atau melihat film, mendengar lagu, mendengarkan berita di televisi, juga bisa gunakan media di internet seperti Youtube untuk bisa mendengarkan orang yang berbicara dalam Bahasa Inggris.

Daftar kata / vocabulary yang anda miliki bisa berguna untuk membantu penyerapan dengan lebih cepat, demikian juga Grammar yang sudah anda pelajari. Gunakan waktu paling tidak satu jam sehari untuk mendengarkan suara dalam Bahasa Inggris, catat hal-hal yang anda pahami, dan jangan terlalu risau apabila hanya sebagian yang anda pahami.

Jadi, tetaplah kembangkan kemampuan grammar dan vocabulary anda, untuk bisa mulai berbicara, Gunakan sebisa mungkin, dan DENGAR sebanyak mungkin. 

saya mempunyai beberapa contoh latihan untuk Listening bagi Beginer:
4. Ask an Information

Silahkan Download aja untuk belajar. semoga bermanfaat

Saturday, August 13, 2011

Listening Section


Bagi Siswa yang ingin belajar listening saya share sedikit file untuk listening for beginer:
  • Ask for information 
  • Clossing conversation
  • Contraction 
  • Describing picture


Thursday, August 11, 2011

Report Text



Social Function:
Menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang dideskripsikan dapat meliputi gajala alam, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah teks report dapat berupa simpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya. Untuk membuat laporan semacam ini, siswa perlu mengamati dan membandingkan ikan paus dengan binatang lainnya yang memiliki ciri-ciri yang sama.
Siswa dapat mencoba membuat teks laporan tentang, misalnya, rumah sangat sederhana, warung tegal, sekolah, rumah sakit dsb. dengan mendekripsikan ciri-ciri subyek tersebut sehingga disebut rumah sederhana, dsb.

 Struktur Teks: 
  • Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.(General Clasification)
  • Deskripsi lanjutan dari General Classification (Description:tells what the phenomenon under discussion ; in terms of parts, qualities, habits or behaviors).

Contoh:
HEART
General Classification               The heart is the most important part of the body. It is the center of life.        However, the heart is only as big as a closed hand.
Description                                he heart is a muscle and it beats about seventy times per minute throughthout a person’s life.
Description                                 The heart pumps blood from your heart to all parts of your body. The heart is made up of four chambers or small “rooms”. The top chamber are called the right and left auriclesand the botttom chambers are the right and left ventricles.
Description                                When blood enters the heart. It is in dark reddish color because it countains carbon dioxide. The blood enters the right auricle and then the right ventricle. When the heart contracts, it forces the blood to the lungs where the blood receives oxygen. It then goes to the left auricle. The heart contracts again, and the blood goes to the left ventricle and is then forced out into the body. The blood gathers carbon dioxide and returns to the heart, and the process begins again.  
Exercise: